Klinik Trinity Medika Jakarta Pusat

Just another Blog In Harmony Clinic Sites site

8 Mitos Tentang Influenza

Banyak orang menganggap influenza adalah flu biasa. Namun tahukah Anda bahwa influenza sering tanpa gejala! Meskipun terasa sehat, Anda bisa menularkan flu. Influenza bisa dicegah dengan vaksinasi. Berikut ini terdapat 8 mitos tentang influenza yang perlu Anda ketahui.

8 MITOS TENTANG INFLUENZA

1. Anda menderita influenza akibat divaksin.
Banyak orang yang beranggapan bahwa mereka menderita sakit setelah divaksin padahal kekebalan baru akan didapatkan dalam 1-2 minggu setelah divaksinasi.

2. Orang sehat tidak perlu divaksinasi.
Memang benar bahwa vaksin influenza direkomendasikan secara rutin bagi mereka yang mempunyai penyakit kronis. Akan tetapi, orang sehat pun dapat memperoleh keuntungan jika mereka divaksin. Anak usia 6 bulan – 19 tahun, wanita hamil, dan mereka diatas 49 tahun disarankan untuk divaksinasi setiap tahunnya.

3. Hanya dengan vaksin influenza dapat membuat kita terlindungi dari influenza.
Tidak hanya vaksinasi, namun beberapa cara ini dapat membantu Anda agar terlindung dari influenza. Hindari kontak dengan penderita influenza dan seringlah mencuci tangan.

4. Influenza hanya flu yang parah.
Influenza dapat memberikan gejala flu yang parah. Tetapi data di Amerika Serikat menyebutkan ada 36.000 orang meninggal dan lebih dari 200.000 orang yang dirawat di rumah sakit setiap tahunnya akibat influenza.

5. Anda tidak dapat menularkan virus influenza jika Anda merasa diri Anda sehat.
Sebenarnya, sebanyak 20%-30% penderita influenza tidak memiliki gejala.

6. Anda tidak perlu divaksin setiap tahunnya.
Virus influenza berubah (mutasi) setiap tahunnya. Oleh karena itu, penting untuk mendapatkan vaksinasi setiap tahunnya agar Anda mendapat kekebalan terhadap jenis virus yang paling sering ada.

7. Anda acheter du cialis en ligne menderita influenza karena berpergian pada cuaca yang dingin tanpa jaket.
Satu-satunya jalan Anda bisa menderita influenza adalah karena terinfeksi virus influenza. Tidak ada hubungannya antara cuaca dengan influenza.

8. Jika Anda menderita demam tinggi disertai flu lebih dari 2 hari, antibiotik mungkin diperlukan.
Antibiotik bekerja untuk melawan bakteri, tetapi tidak efektif untuk mengatasi infeksi virus seperti flu. Namun beberapa orang dapat mengalami infeksi bakteri sebagai komplikasi dari flu, sehingga Anda perlu memeriksakan diri apabila gejala menetap atau memburuk.

Kini Anda sudah tahu lebih dalam mengenai influenza, masihkah Anda ragu untuk mendapat vaksinasi influenza?
Mari lindungi diri Anda dari virus influenza dengan vaksinasi!

Sumber : http://www.health.harvard.edu/diseases-and-conditions

Posted under: Uncategorized

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>