Klinik Trinity Medika Jakarta Pusat

Just another Blog In Harmony Clinic Sites site

Vaksin Kolera

Vaksin Kolera

Untuk anda yang ingin berlibur,atau melakukan perjalanan bisnis ke negara Amerika selatan, Timur tengah,Asia,Afrika jangan lupa untuk vaksinasi kolera !!!!

kolera di sebabkan oleh infeksi enterotoksin yang dihasilkan oleh Vibrio chlolerae O1 dan O139

Dengan gejala-gejala khas yaitu serangan mendadak berupa diare cair yang menyemprot (seperti air cucian beras) yang kemudian diikuti oleh dehidrasi,asidosis metabolic,hipotensi.Pada kasus yang berat kolera merupakan salah satu penyakit yang paling cepat menimbulkan kematian yang dikenal sampai saat ini.Kolera menyebabkan 1 juta kasus dan 120.000 kematian secara global setiap tahun.

Walaupun saat ini riset telah maju tetapi penyakit ini masih tetap merupakan tantangan untuk kedokteran modern.

Kolera dapat bersifat ringan dan subklinis ,namun pada kasus berat bila tidak diobati dengan cepat dan tepat ,separuhnya akan meninggal.Penyakit ini biasanya ditularkan lewat makanan atau air yang tercemar dengan tinja manusia .

Sejak tahun 1988 tidak ada Negara yang secara resmi meminta sertifikat vaksinasi kolera.Oleh karena vaksin yang beredar saat ini efikasinya rendah (sekitar 50%) dan relative banyak efek sampingnya , maka manfaat vaksinasi kolera banyak dipertanyakan.Keasaman lambung merupakan daya tangkal yang terpenting terhadap infeksi kolera.Oleh karena itu,vaksinasi kolera dianjurkan pada turis yang mempunyai riwayat reseksi lambung.

Secara epidimiologis daerah-daerah yang tercatat ditemukannya kolera ialah Asia,Afrika,Timur-tengah,Amerika Selatan ,dan sebagian oseania.

 

Rekomendasi

  • Dosis vaksin kolera
    • Anak (Usia >6 Tahun) dan dewasa , imunisasi primer diberikan 2 dosis dengan interval 1-6 minggu dan dilakukan booster secara oral setelah 2tahun
    • Anak usia 2-6 tahun untuk vaksinasi primer diberikan 3 dosis dengan interval 1-6 minggu ,dan diberikan booster secara oral setelah 6 bulan.Imunisasi primer perlu dilengkapi paling sedikit 1 minggu sebelum kemungkinan paparan dengan V.cholera terjadi.
    • Anak usia kurang dari 2 tahun tidak di rekomendasikan vaksin dukoral oral ini.

Kontra indikasi

  • Jangan menggunakan vaksin untuk orang-orang yang diketahui hipersensitif terhadap dosis yang diberikan sebelumnya
  • Bayi berumur kurang dari 6 bulan
  • Anak-anak yang sering sakit
  • Kehamilan merupakan indikasi kontra yang relatif.

 

Posted under: Uncategorized

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>