Klinik Trinity Medika Jakarta Pusat

Just another Blog In Harmony Clinic Sites site

VAKSIN MENINGITIS

BERENCANA PERGI HAJI DALAM WAKTU DEKAT ???

SUDAHKAH ANDA MENDAPATKAN VAKSIN ??

images (7)

images (8)

Berencana pergi haji dalam waktu dekat? Jangan lupa sempatkan jadwal vaksinasi meningitis sebelum pergi.  Sejak tahun 2002, pemerintah Arab Saudi memberlakukan kewajiban vaksinasi bagi calon haji yang akan pergi ke Mekah dan Madinah. 

Meningitis di antara ritual ibadah haji pertama kali terdeteksi tahun 1988.  Tidak banyak memang, hanya 2 kasus. Namun, pada tahun 1993, jumlahnya menjadi 5 kasus, 2 di antaranya meninggal. Tahun 2001, meningkat menjadi 18 kasus, 6 di antaranya meninggal di Arab Saudi.

 Meningitis adalah radang pada membran pelindung yang menyelubungi otak dan sumsum tulang belakang, yang secara kesatuan disebut meningen. Radang dapat disebabkan oleh infeksi oleh virus, bakteri, atau juga mikroorganisme lain, dan walaupun jarang dapat disebabkan oleh obat tertentu. Meningitis dapat menyebabkan kematian karena radang yang terjadi di otak dan sumsum tulang belakang; sehingga kondisi ini diklasifikasikan sebagai kedaruratan medik.

Tapi, tak hanya untuk yang naik haji, Jika Anda rutin melakukan traveling ke luar negeri, baik untuk keperluan bisnis atau pekerjaan, lakukan imunisasi sebagai pencegahan. Sebab, saat berada di tempat-tempat umum yang banyak dikunjungi orang dari berbagai dunia, risiko Anda cukup besar untuk terpapar bakteri, virus, maupun jamur. Misalnya, saat Anda di bandara, di dalam pesawat terbang, tempat-tempat wisata, dan tempat keramaian publik lainnya.

Penularan virus penyebab meningitis umumnya terjadi lewat  kontak langsung.  Baik melalui batuk, bersin, ciuman, ataupun pemakaian perkakas bersama, seperti sendok atau sikat gigi. Dengan begitu, penting sekali menjaga kebersihan diri dan lingkungan untuk mencegah penularan. 

Gejala yang biasanya timbul pada sesorang yang terkena meningitis seperti sakit kepala, demam ringan, napsu makan turun, kepekaan terhadap cahay terang, kebingungan, mual muntah, sakit kepala dan kaku.

Cara Mencegah Meningitis

  1. Menjaga Kebersiahan. Penyakit meningitis dapat dicegah dengan cara meningkatkan kebersihan. Yang paling penting        adalah teknik mencuci tangan yang tepat. Cucitangan dengan sabun dan air hangat. Gosok tangan dalam kurun  waktu10-20 detik, pastikan membersihkan tepat dibawah kuku. Bersihkan dengan air hangat yang mengalir. Kemudian keringkan tangan menggunakan handuk.
  2. Menutup hidung saat bersin atau batuk.
  3. Hindari berbagi gelas, cangkir, botol air yang digunakan pada waktu olahraga atau rekreasi, rokok dll.
  4. Mencuci tangan yang benar sangat diperlukan untuk menghilangkan kontaminasi tinja setelah BAB, mengganti popok dan sebagainya.
  5.  Melakukan imunisasi yang di berikan di  sejumlah rumah sakit, klinik, dan puskesmas. Anak-anak balita dapat pula  diberikan vaksin antibakteri Streptococcus pneumoniae (Pneumococcus), pencetus penyakit meningitis.

Contact us for vaccination appointment and get a good deal for the most trusted vaccine in the town!

 TRINITY MEDIKA CLINIC

Kompleks Ruko Hotel Ibis Mangga Dua E1/12

Jakarta Pusat

021-6121888 (Indonesian)

Email: enquiries@trinitymedika.co.id(Indonesian & English)

Posted under: Uncategorized

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>