Klinik Trinity Medika Jakarta Pusat

Just another Blog In Harmony Clinic Sites site

VAKSIN MMR

       images (9)

 Tidak asing lagi ditelinga sering mendengar tentang macam-macam imunisasi, baik itu imunisasi wajib maupun imunisasi tambahan yang biayanya tidaklah murah. Begitu juga pastinya pernah mendengar tentang imunisasi MMR pada bayi. MMR merupakan singkatan dari Measles (campak), Mumps (gondongan), dan Rubella (campak Jerman). Ketiga penyakit ini disebabkan oleh virus dan dampaknya cukup serius hingga kematian.

        Measles ditandai dengan demam yang diikuti munculnya ruam, batuk, pilek, serta mata berair. Komplikasi yang disebabkan penyakit ini cukup berbahaya seperti pneumonia, kejang, hingga kerusakan otak dan kematian. Gejala mumps atau gondongan juga adanya demam namun diikuti sakit kepala dan adanya pembengkakan kelenjar parotis. Gondongan dapat menyebabkan ketulian, meningitis, serta pembengkakan testis dan ovarium. Sementara, Rubella atau Campak Jerman dicirikan dengan gejala demam dan nyeri sendi. Jika wanita yang sedang hamil terserang rubella, maka terdapat risiko keguguran atau janin lahir dengan cacat bawaan berat.

          Ketiga penyakit ini cukup infeksius karena menular lewat udara. Oleh sebab itu, pemerintah merekomendasikan (meski tidak mewajibkan) anak untuk diberikan vaksinasi MMR. Penelitian membuktikan, anak yang telah mendapat vaksinasi MMR tepat waktu dapat terhindar dari serangan penyakit berbahaya ini.

          Imunisasi MMR pada bayi diberikan pada anak sebanyak 2 kali. Pemberian pertama adalah saat anak berusia 15 bulan, dan dianjurkan untuk diberikan lagi pada usia 4-6 tahun, meski pada dasarnya dosis kedua MMR dapat diberikan kapan saja minimal 28 hari setelah vaksinasi MMR pertama.

            Selama ini beredar kekhawatiran orangtua bahwa vaksin MMR dapat menyebabkan keterlambatan bicara (speech delay) dan spektrum autis terhadap anak-anak. Faktanya, belum ada penelitian yang dapat membuktikan hal ini. Meski memang terdapat reaksi pasca imunisasi dengan derajat yang bervariasi sesuai reaksi tubuh anak, namun reaksi yang ditimbulkan seperti demam, kejang demam (sangat jarang), ruam, atau pembengkakan kelenjar getah bening terbilang jauh lebih ringan daripada anak terserang ketiga penyakit di atas.


 Konsultasikan diri Anda pada Dokter mengenai vaksin.

Hubungi kami di Trinity Medica Clinic untuk informasi lebih lanjut

Kompleks Ruko Hotel Ibis Mangga Dua

Jalan Pangeran Jayakarta blok E1 no. 12

Jakarta Pusat 10730. Indonesia

Phone : (021) 6121888

Fax : (021) 6288395

Email :enquiries@trinitymedika.com

Posted under: Uncategorized

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>